Senin, 19 Maret 2012

Buka Peluang Usaha Kecil


MEMPAWAH, HUMAS---Peluang untuk tumbuh dan berkembangnya usaha kecil di kecamatan Mempawah Timur terbuka lebar. Kehadiran ‘Rumah Oleh’oleh’ yang menjual ragam oleh-oleh khas kabupaten Pontianak merupakan salah satu solusi bagi para pengusaha kecil dalam memasarkan produknya.

Salah satu produk makanan ringan yang banyak diminati adalah keripik pisang. “Untuk produk keripik pisang, alhamdulillah permintaannya cukup tinggi. Selain harganya terjangkau, kemasannya juga menarik,” kata Daeng Juniati, Camat Mempawah Timur.

Keripik pisang jadi primadona karena memiliki rasa yang unik. Ada rasa jagung bakar, keju, coklat, balado, pedas manis dan lain sebagainya. Pengolahannya juga relatif mudah dan murah. Namun sayang. Tingginya permintaan konsumen tersebut tidak di barengi dengan ketersediaan bahan baku, berupa pisang nipah/kepok. Untuk di kecamatan Mempawah Timur, ketersediaan pisang nipah ini sangat terbatas. Alhasil, tidak sedikit pelaku insdustri keripik pisang yang mencari pisang nipah hingga ke kecamatan Sungai Kunyit.

Kurangnya ketersediaan bahan baku pisang nipah ini menurut Juniati merupakan sebuah peluang usaha baru di bidang pertanian. Disebut demikian karena permintaan akan pisang nipah dipasaran sangat tinggi. Lagi pula, penanaman pisang nipah tidaklah terlalu sulit. “Peluang bisnis ini hendaknya mampu dimanfaatkan dengan baik oleh para petani di kabupaten Pontianak. Jika sebelumnya pisang nipah kurang dilirik, maka kini keberadaannya telah menjadi primadona,” terang perempuan berjilbab ini ramah.

Terkait soal lahan pertanian, Juniati menerangkan bahwa kecamatan Mempawah Timur masih banyak menyimpan potensi lahan pertanian yang subur. Kekayaan alam tak ternilai ini merupakan modal usaha yang menguntungkan bagi para petani dalam mengembangkan tanaman pisang nipah yang bernilai ekonomis tinggi.

Selain bersyukur atas majunya usaha kecil di wilayah kerjanya. Juniati juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak perbankan yang telah membantu memberikan pinjaman modal usaha kepada para pengrajin kecil di kecamatan Mempawah Timur. Terimakasih yang sama juga disampikan kepada PNPM-MPd, Dinas Perindagkoptamben Kabupaten Pontianak serta Balai POM yang telah memberikan bimbingan serta arahan yang mebermanfaat bagi kemajuan usaha kecil. (hms)

Tidak ada komentar: