Sabtu, 27 Juni 2009

Pesona Wisata Keluarga di Taman Alun Kapuas

Mengunjungi Kota Pontianak terasa belum lengkap bila belum ke Taman Alun Kapuas. Ungkapan itu disampaikan oleh seorang sahabat kepada Said, wisatawan asal Brunai Darussalam. Sebagai orang yang awam akan objek wisata di Kota Pontianak, dengan senang hati Said pun menerima tawaran tersebut.

Objek wisata ini terletak di Jalan Rahadi Oesman, tepatnya di depan kantor Walikota Pontianak. Karena letaknya yang amat strategis, tak mengherankan banyak warga yang menjadikannya sebagai tempat rekreasi favorit. Di kala sore hari, kawasan waterfront city yang di bangun di tepian Sungai Kapuas selalu menyajikan pesona panorama alam yang indah.

Pengunjung juga dapat menikmati eksotisme kawasan ini sambil duduk-duduk di tangga-tangga yang terdapat di tepian sungai (waterfront). Rasa lelah serta penat yang menyerang saat beraktivitas seharian dalam sekejap akan hilang jika mencelupkan kaki ke Sungai Kapuas. “Luar biasa, rasa lelah di badan langsung hilang. Saya benar-benar merasa fresh,” ujarnya ramah.

Sembari mencicipi aneka jajanan yang di tawarkan para pedagang kaki lima, suasana menjelang petang akan terasa indah bila di nikmati bersama keluarga atau sahabat. Jika perut terasa lapar, kuliner bakso tenis, kacang rebus, sate, jagung bakar/rebus, dan aneka makanan ringan lainnya telah menanti untuk di santap.

Ketika malam menjelang, jumlah pengunjung yang mendatangi Taman Alun Kapuas terlihat semakin banyak. Keadaan akan bertambah ramai saat akhir pekan atau waktu-waktu liburan tiba. Suasana malam kian hidup dan romantis dengan kehadiran para pengamen. Dengan gitar serta biola, mereka membawakan tembang-tembang hit serta nostalgia. Soal tips, semua di serahkan kepada keikhlasan hati dari para pendengar.

Bagi yang gemar dengan permainan ketangkasan, Taman Alun Kapuas juga menyediakan arena khusus untuk itu. Permainan ketangkasan yang di tawarkan cukup beragam, ada campak gelang, lempar bola, tebak angka dan lain sebagainya. Soal hadiah, dijamin tidak mengecewakan, ada rokok, sirup, jam dinding, dan masih banyak lagi yang lainnya. “Pesona Taman Alun Kapuas memang amat mengesankan. Sayang, objek wisata cantik ini tidak di lengkapi dengan fasilitas umum, seperti toilet atau pos kemanan seperti di tempat wisata pada umumnya,” ungkapnya sedih.

Agar Taman Alun Kapuas tetap menjadi objek wisata pilihan bagi para wisatawan, pemerintah kota Pontianak perlu menyediakan aneka fasilitas umum. Penempatan petugas keamanan, semisal polisi wisata.(go)

Tidak ada komentar: