Sabtu, 27 Juni 2009

Segarnya Teh Kembang

PONTIANAK merupakan surganya kuliner. Beragam makanan dan minuman lezat dapat dengan mudah di temui dan dinikmati. Bagi para penikmat minuman segar, tidak ada salahnya jika mencoba minuman Teh Kembang. Disebut teh kembang karena di buat dari hasil seduan bunga krisan atau Seruni yang berwarna putih atau kuning (Chrysanthemum morifolium or Chrysanthemum indicum).

Minuman ini sebenarnya sudah sangat lama di kenal oleh masyarakat di kawasan Asia Timur, seperti Korea, Jepang dan China Utara. Konon, air seduan dari bunga krisan ini diyakini bisa memulihkan kebugaran badan dan menyembuhkan influenza, jerawat, mengobati panas dalam, sakit tenggorokan dan menetralisir racun di dalam tubuh. Sebagian kalangan malah meyakini teh krisan mampu membersihkan liver.

Teh kembang memiliki cita rasa yang khas. Harum bunga krisan akan keluar ketika disedu dengan air panas. Setelah dingin, air seduan bunga krisan akan terasa manis. Di Negara modern, teh bunga krisan ini sudah di pasarkan dalam bentuk teh seduh serta minuman kalengan.

Penjual teh kembang di kota Pontianak banyak mangkal di Jalan Gajahmada dan Jalan Tanjungpura. Harga segelas teh kembang hanya Rp3.000. Teh kembang akan terasa lebih menyegarkan jika di minum dalam kondisi dingin. Bagi yang ingin sembuh dari demam, disarankan untuk menikmati teh krisan dalam kondisi hangat.(go)

Tidak ada komentar: