Sabtu, 27 Juni 2009

Gado-Gado Seroja Bercita Rasa Khas

Gado-gado bisa saja sama namanya. Tapi soal cita rasa, Gado-Gado Seroja merupakan juara. Perpaduan saus petis serta racikan bumbu kacang yang eksotik, terasa nikmat bermain di lidah. Kuliner istimewa ini harganya terbilang cukup murah. Untuk satu porsi Gado-Gado Seroja, harganya cuma Rp10.000.

Catatan Pringgo—Pontianak


USAI berkeliling menikmati suasana siang di kota Pontianak, tanpa terasa perut pun mulai keroncongan. Untuk mengobati hasrat yang satu ini, santap siang adalah jawabannya. Pilihan kuliner pun jatuh ke Gado-Gado Seroja. Disebut demikian karena tempat mangkal penjual gado-gado lezat tersebut ada di Pasar Seroja, tepatnya di samping pusat berpelanjaan Khatulistiwa Plaza Pontianak.

Menurut Akiong, usaha berjualan gado-gado yang di tekuninya ini merupakan warisan dari sang ayah, Suandi atau Ng Kiok Cun (70). Orang tuanya telah berjualan gado-gado sejak tahun 1945. Meski sudah beberapa kali berpindah tempat, namun keluarga besar Akiong tetap membuka usaha di sekitar Pasar Seroja.

Berbeda dengan gado-gado kebanyakan, gado-gado buatan Akiong ini memiliki cita rasa yang khas. Saus kacang yang digunakan di racik khusus dengan menggunakan bahan-bahan pilihan. Untuk lebih menggugah selera, Akiong selalu memberi saus petis. “Kami yakin, aroma petis yang eksotik akan mampu meningkatkan selera untuk bersantap,” ungkapnya ramah.

Gado-Gado Seroja buatan Akiong ini terdiri dari campuran aneka sayuran bernilai gizi tinggi, seperti kacang panjang, kangkung, daun ubi, jantung pisang, mentimun, serta kecambah. Agar nilai gizinya lengkap, tak lupa di beri irisan kentang, serta tahu. Setelah di guyur saus kacang dan petis, di atasnya di taburi emping melinjo.

Bagi penggemar pedas, Akiong menyediakan sambal kecrot. Sambal ini sengaja di berikan terpisah agar penikmat Gado-Gado Seroja bisa memuaskan selera pedasnya masing-masing. Bagaimana cara menjinakkan rasa pedas yang hadir akibat terlalu banyak memberi sambal kecrot? Untuk persoalan yang satu ini, Akiong telah menyediakan beragam pilihan minuman. Ada es teh, es kincau, es kopi dan masih banyak lagi yang lain. Soal harga, dijamin murah meriah. Segelas es teh harganya hanya Rp2000. Nah, tunggu apa lagi. Bagi para pecinta kuliner, tidak ada salahnya jika anda mencicipi menu Gado-Gado Seroja.


Tidak ada komentar: