Sabtu, 27 Juni 2009

Menikmati Lezatnya Roti Cane

Pagi hari adalah awal yang baik dalam memulai aktivitas. Sebelum larut dalam kesibukan kerja, ada baiknya jika anda mengawali hari dengan sarapan. Nah, menu kita hari ini adalah Roti Cane. Meski kuliner istimewa ini aslinya berasal dari negeri India, namun keberadannya sudah sangat familiar dengan lidah masyarakat kota Pontianak.

Roti Cane dapat ditemui di beberapa kedai. Seperti di Jalan Juanda, Jalan H A Rachman, Jalan Nusa Indah, Pasar Flamboyan dan lain sebagainya. Setiap kedai Roti Cane selalu menyajikan sesuatu yang istimewa. Kedai Roti Cane di Jalan Juanda, misalnya. Khusus bagi penggemar daging kambing, disana tersedia menu Riti Cane dengan kuah kari kambing.

Roti Cane special ini terdiri dari lempeng goreng yang disajikan dengan beberapa potong daging kambing. Lempeng goreng sendiri terbuat dari adonan tepung terigu yang di pipihkan, kemudian di goreng dengan minyak nabati. Agar lempeng goreng terasa empuk, sebelum di goreng adonan tepung terigu di pipihkan dengan cara membanting di atas meja. “Plak”, begitu bunyinya.

Setelah matang, lempeng goreng kemudian di tepuk-tepuk. Tujuannya agar lempeng goreng mudah di potong. Bagi yang senang dengan cita rasa lembeng goreng yang renyah, kuah kari kambing dapat di tempatkan dalam wadah yang terpisah. Sementara bagi yang senang dengan lembeng goreng yang bercitarasa lembut, kuah kari kambing dapat di siramkan di atasnya. Untuk menghadirkan rasa segar, acar mentimun selalu di sertakan. Harganya satu porsi roti cane istimewa ini hanya Rp14 ribu.

Kelezatan roti cane memang sulit untuk di carikan tandingannya. Menurut Abdi, wiraswasta muda, roti cane Pontianak memang berbeda. Aroma bumbu yang di sebarkan dari kuah kari yang hangat sangat khas. “Kebetulan saya sering keluar negeri. Dari sekian kedai yang menjual roti cane yang saya kunjungi, sepertinya hanya roti cane Pontianak yang memiliki cita rasa yang nikmat,” ungkapnya sembari menikmati roti cane kegemarannya.(pringgo)


Tidak ada komentar: