Rabu, 12 Maret 2008

International Bidar Race di Gelar di Sambas

Dihadiri Mantan Perdana Menteri Malaysia, Datuk Tan Sri Mahathir Muhamad

MEMPAWAH—Untuk kedua kalinya kabupaten Sambas akan menjadi tuan rumah lomba sampan berskala internasioanal. Kegiatan yang bertajuk LAMS (Lembaga Adat Melayu Serantau) International Bidar Race atau Lomba Sampan Bidar Internasional ini sedianya akan digelar 18-20 Juli 2008, di Sirkuit Muare Ulakan.

Kepastian akan digelarnya event bergengsi diungkapkan Abdi Nurkamil, Koordinator LAMS Kalbar, saat berkunjung ke Graha Pontianak Post Biro Pinyuh, Selasa (4/3) kemarin. Dikatakan olehnya, LAMS International Bidar Race 2008 ini merupakan terusan dari kegiatan serupa sebelumnya yang digelar pada 2001 lalu. Ketika itu, puluhan ribu masyarakat kabupaten Sambas dan sekitarnya tumpah ruah di Muare Ulakan untuk menyaksikan puluhan peserta lomba sampan dari dalam dan luar negeri beraksi.

Berangkat dari kesuksesan acara yang telah lalu, pihaknya berkeinginan untuk kembali menggelar kegiatan yang sama pada tahun ini. Salah satu alasan yang mendasari dipilihnya tahun 2008 sebagai waktu pelaksanaannya karena pada tahun ini pemerintah tengah melaksanakan program Visit Indoensia Year 2008. “Kita ingin lomba sampan ini menjadi kalender even tahunan di kabupaten Sambas, pada khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya,” ungkap putra pendiri LAMS, Datuk H Mawardi Rivai ini.

Dikatakan Abdi, rencana pelaksanaan LAMS International Bidar Race 2008 ini sebenarnya telah ada sejak 2007 lalu. Ketika itu, dalam sebuah pertemuan terbatas di Istana Alwazikhubillah, Sambas, dirinya bersama almarhum Pangeran Ratu Sambas, H. Winata Kesuma atau Pangeran Wempi telah bersepaham untuk menggelar lomba sampan berskala internasional di ‘Bumi Serambi Mekkah’ Sambas.

Disamping akan dijadikan sebagai agenda wisata tahunan, kegiatan tersebut rencananya juga akan disandingkan dengan peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) dari Pangeran Ratu Sambas, HUT pemindahan ibukota Sambas serta menyukseskan program Visit Indonesia Year 2008 dan Kalbar Tourism 2010. Dalam LAMS International Bidar Race 2008, untuk pertama kalinya akan digelar nomor 20 pendayung, dengan memperebutkan piala bergilir dari Ketua LAMS Kalbar Bapak H Morkes Effendi.

Disamping menyuguhkan LAMS International Bidar Race 2008, pihaknya juga akan menggelar lomba sampan se-Kalbar, katagori delapan pendayung. Untuk nomor dayung yang satu ini, para peserta akan berkompetisi memperebutkan piala bergilir Gubernur Kalbar. Selain itu, pada kesempatan yang sama juga akan diadakan Lomba Sampan Nusantara (LSN) V, katagori delapan pendayung, memperebutkan piala bergilir dari Yang Dipertuan LAMS, Datuk Suhaili bin Abdurrahman.

Pemuda yang sebentar lagi akan menerima penghargaan Doktor Honoris Causa (HC)
dari pemerintah Inggris ini juga menjelaskan, disamping lomba sampan, pihaknya juga akan melaksanakan serangkaian kegiatan lain, seperti pengukuhan pengurus LAMS
Kalbar, peresmian Rumah Melayu di kabupaten Ketapang, pelaksanaan seminar
adat Melayu dengan menghadirkan sejumlah pakar Melayu di Indonesia dan
internasional. “Malam hari setelah pelaksanaan lomba sampan, kita akan menggelera acara hiburan Malam Pesona Nusantara.

Ketika disinggung soal keterlibatan peserta? Secara terbuka penerima penghargaan dari Perdana Menteri Malaysia, Abdullah Badawi atas dedikasinya sebagai generasi pelopor pemuda Melayu yang tahun lalu ini menjawab sejumlah Negara sahabat telah memastikan diri untuk hadir sebagai peserta LAMS International Bidar Race 2008. Berdasarkan catatan yang ada, Negara yang telah memastikan hadir di ajangbergengsi itu antara lain negara bagian Malaysia seperti Sarawak, Labuan, Miri, Malaka, Pulau Pinang. Tidak ketinggalan Singapura, Filipina dan Brunai Darussalam.

Di tingkat nasional, peserta akan datang Provinsi Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Riau serta Jawa Barat. Dan di tingkat regional, peserta akan datang dari Kota
Pontianak, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Sambas, Kabupaten Landak, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, Kabupaten
Ketapang, Kabupaten Kapuas Hulu serta dua kabupaten baru, yakni Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Kayong Utara. “Jika tidak ada halangan, insyaallah mantan Perdana Menteri Malaysia, Datuk Tan Sri Mahathir Muhamad juga akan hadir menyaksikan LAMS International Bidar Race 2008,” terang Abdi.(go)

Tidak ada komentar: