Selasa, 22 Juni 2010

Cerdas Bersama Lele

MEMPAWAH—Agar menjadi cerdas, otak sangat perlu asupan protein dan vitamin yang cukup. Untuk memenuhinya, para ahli gizi menyarankan agar kita disarankan untuk banyak makan ikan. Gerakan gemar makan ikan ini sejak lama dilaksanakan di Jepang. Hasilnya sangat nyata. Kecerdasan anak-anak Jepang terbilang diatas rata-rata.

Untuk bisa tumbuh cerdas seperti itu, seluruh anggota PKK di himbau untuk dapat menyediakan menu masakan olahan, berbahan dasar ikan. Tak perlu bingung dalam memilih jenis ikan. Semua jenis ikan itu memiliki kandungan gizi yang tinggi. Salah satunya adalah ikan lele.

“Lele itu tergolong bahan makanan dengan kandungan lemak yang relatif renda, namun memiliki kandungan mineral yang relatif tinggi,” terang Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pontianak. Hj. Erlina Ria Norsan SH.MH, usai menghadiri pembukaan Festival Raya Lele Nusantara di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6) lalu. Acara tersebut dibuka oleh Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono.

Sedikit mengutip sambutan Ibu Negara, di Jepang kaum ibu telah sejak lama memperkenalkan menu masakan dari ikan kepada balitanya. Kebiasaan gemar mengkonsumsi ikan itu ternyata terus di pertahankan hingga anak-anak tumbuh dewasa. Di Indonesia sendiri, gerakan gemar makan ikan sebenarnya telah lama di kembangkan. Untuk membangkitkan minat masyarakat, Ibu Negara berpesan agar event seperti ini (Festival Raya Lele Nusantara, red) dapat terus di kembangkan di level provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

Lele dapat menjadi bahan dasar pembuatan abon, kerupuk, bakso, sosis, dan lain sebagainya. Dan yang lebih menggembirakan lagi, sejumlah hotel berbintang kini telah menyajikan menu hidangan dari ikan lele.

Menindak lanjuti himbauan Ibu Negara, Erlina mengajak seluruh anggota PKK se-kabupaten Pontianak untuk mensukseskan gerakan gemar makan ikan, terutama ikan lele. Kenapa lele? Karena ikan lele termasuk jenis ikan yang mudah diperoleh, murah harganya dan gampang di kembangbiakan. Di daerah Jawa, para petani memelihara ikan lele di sawah. Ikan lele bermanfaat memberantas hama padi, berupa serangga air. Bagi ibu hamil, ikan lele membantu pertumbuhan janin dalam kandungan dan sangat baik bagi jantung karena rendah lemak. “Saya yakin, jika anak-anak kita di sudah gemar makan ikan sejak usia dini, maka saat dewasa mereka akan merasakan manfaatnya untuk kesehatan dan kecerdasaan,” ujar Erlina.(go-Humas PKK Kabpon)

Tidak ada komentar: