Senin, 19 Maret 2012

Pers Yang Berimbang, Independen dan Mencerdaskan


MEMPAWAH, HUMAS--Keberadaan pers dalam pembangunan nasional sangatlah penting. Selain dituntut mampu menyediakan informasi yang objektif, pers juga diminta bisa menyajikan produk pemberitaan yang berimbang, independen dan mencerdaskan.

“Tiga kata ini (berimbang, independen dan cerdas) penting untuk diaktualisasikan guna terselenggaranya tata pemerintahan yang kuat. Kuat yang dimaksud disini bukan berarti otoriter dalam menjalankan pemerintahan," kata bupati Pontianak Ria Norsan, terkait peringatan Hari Pers Nasional ke-27, Kamis (9/2) kemarin.

Menurut Norsan, diera keterbukaan seperti saat ini pers hendaknya mampu pemposisikan diri sebagai mediasi publik yang netral. Pers juga di tuntut untuk bisa menyelesaikan masalah tanpa masalah. Tentunya dengan tetap mengedepankan prinsip kode etik jurnalistik. Dalam melaksanakan tugas, fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers diminta untuk menghormati hak asasi setiap orang, khususnya nara sumber.

Di bidang pemberitaan, bupati mengingatkan kepada para pewarta untuk selalu menguji informasi yang masuk, untuk kemudian memberitakannya secara berimbang dan proporsional, tanpa mencampur adukkan fakta dan opini yang sifatnya menghakimi, dengan tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah.

“Di momen yang bahagia ini, saya atas nama pemerintah daerah kabupaten Pontianak mengucapkan selamat Hari Pers Nasional ke-27. Semoga kedepannya pers bisa lebih bijaksana dan arif dalam menyajikan pemberitaan yang informatif dan edukatif kepada publik,” ungkap Norsan. (go/hms)

Tidak ada komentar: